PTS001 - PENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN RPP TEMATIK MELALUI SUPERVISI KELOMPOK PENDEKATAN KOLABURATIF BAGI GURU KELAS RENDAH SDN XXXXXXXX

15:19
Abstrak: Penelitian ini bertolak dari  kenyataan yang ada 3 orang guru kelas rendah di  SDN XXXXXX dalam pembelajaran, baik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran maupun kegiatan Belajar mengajar di kelas  masih menggunakan pola lama yaitu menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran dengan mata pelajaran terpisah, belum menggunakan pembelajaran tematik. Alasan guru masih menggunakan mata pelajaran terpisah karena guru kelas rendah belum memahami bagaimana menyusun RPP Tematik dengan baik dan benar, Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pendampingan terhadap guru melalui supervisi kelompok dengan pendekatan kolaboratif dalam melaksanakan penyusunan RPP Tematik.Rumusan masalah yang diajukan adalah apakah supervisi kelompok dengan pendekatan kolaburatif dapat meningkatkan kompetensi menyusun RPP Tematik bagi Guru Kelas rendah SDN XXXXXX ?Tujuan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan RPP Tematik,yang akan berimplikasi pada terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran tematik di kelas I , II , dan III di SDN XXXXXX. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan sekolah (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan bahwa Supervisi kelompok dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi guru kelas rendah SDN XXXXXXX dalam menyusun RPP Tematik. Selanjutnya peneliti merekomendasikan:(1)Supervisi kelompok dengan pendekatan kolaboratif dapat dilakukan oleh kepala sekolah  terhadap guru kelas rendah dalam menyusun RPP Tematik. (2)Dalam pembelajaran guru perlu diarahkan untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, sehingga pelaksanakan  pembelajaran dapat efektif dan efisien.(3) Kesulitan-kesulitan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran perlu didukung oleh sekolah dalam hal pendanaan dan pembiayaannya, sehingga penyusunan RPP oleh guru kelas rendah dapat optimal.
.

Kata kunci: supervisi kelompok kolaboratif, peningkatan kompetensi guru

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!