Saturday, July 06, 2013

PTK011 - Peningkatan Pemahaman Konsep PKn Materi Sistem Pemerintahan Negara RI melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Chart pada Siswa kelas VI SD

              Penelitian tindakan kelas dengan judul “ Pendekatan Konstektual  Dengan Media Chart Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep PKn Materi  Sistem Pemerintahan Negara RI Pada Siswa Kelas VI SDN XXXX 01 Tahun 2010/2011, dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi mata pelajaran ini sehingga hasil belajar siswa masih banyak para siswa yang mendapat nilai di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Tujuan dari ppenelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran  serta meningkatkan pemahaman konsep para peserta didik sehingga hasil belajar bisa meningkat.

             Penelitian ini dilakukan melalui prosedur Penelitian Tindakan Kelas         (Classroom Action Research) dengan empat tahap kegiatan mulai dari merencanakan, melaksanakan,mengamati, dan melakukan refleksi.  Adapun analisis data dilakukan dengan membandingkan antara kondisi awal dengan siklus pertama  dimana terdapat peningkatan dari nilai rata-rata 59,0 menjadi 67,7 dan membandingkan antara siklus pertama  dengan siklus kedua terdjadi peningkatan dari nilai ratap-rata 67,7 menjadi 89 serta membandingkan dari kondisi awal sampai siklus kedua terjadi peningkatan rata-rata 25,42 % . Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual siswa lebih cepat memahami konsep yang disampaikan dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar meningkat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!