METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK

22:21

Pengertian Metode Diskusi Kelompok
          Diskusi kelompok adalah salah satu bentuk metode yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Kegiatan diskusi kelompok merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu individu . Moh Surya (1975:107) mendefinisikan diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tertanam pula tanggung jawab dan harga diri.
          Sedangkan Moh. Uzer Usman (2005:94) menyatakan bahwa diskusi kelompok merupakan suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.
          Metode diskusi kelompok bertujuan untuk tukar menukar gagasan, pemikiran, informasi/pengalaman diantara peserta, sehingga dicapai kesepakatan pokok-pokok pikiran (gagasan, kesimpulan). Untuk mencapai kesepakatan tersebut, para peserta dapat saling beradu argumentasi untuk meyakinkan peserta lainnya. Kesepakatan pikiran inilah yang disebut sebagai hasil diskusi. Pelaksanaan metode diskusi biasanya tidak bisa dipisahkan dari penerapan metode yang lain, seperti ceramah, curah pendapat (brain storming), permainan, dan lain-lain.
          Melalui diskusi kelompok siswa apat mengembangkan rasa percaya diri, simpati, menyukai, dan disukai sesama teman. Siswa juga dilatih untuk memiliki keberanian untuk mengungkapkan diri dan berkomunikasi. Dengan demikian setiap siswa dapat berinteraksi satu sama lain sehingga mereka dapat mengembangkan pola pikir serta mengembangkan wawasan mereka  dalam berpendapat atau berargumentasi terhadap konsep materinya, serta siswa dapat berperan serta secara maksimal dalam unsur sosial dan perilakunya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!