METODE MENGAJAR

22:23

Pengertian Metode Mengajar
          Kata metode berasal dari bahasa Latin “methodo” yang berarti “ jalan”. Dengan demikian metode bersangkut paut dengan pemilihan jalan, arah atau pola dalam berbuat sesuatu untuk mencapai sesuatu tujuan. Mengajar merupakan suatu perbuatan yang memerlukan tanggung jawab moral yang cukup berat. Menurut Nasution (1982:8) mengemukakan bahwa mengajar diartikan sebagai segenap aktivitas kompleks yang dilakukan guru dalam mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses     belajar.
          Sedangkan Usman (1994:3) mengemukakan bahwa mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar atau mengandung pengertian bahwa  mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan terjadinya proses belajar. Menurut Oemar Hamalik (2001:44-53) , mengajar dapat diartikan sebagai :

  1. menyampaikan pengetahuan kepada siswa;
  2. mewariskan kebudayaan kepada generasi muda;
  3. usaha mengorganisasi lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar bagi siswa;
  4. memberikan bimbingan belajar kepada siswa;
  5. kegiatan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik;
  6. suatu proses membantu siswa menghadapi kehidupan dalam masyarakat sehari-hari.
          Dari beberapa pengertian yang disebutkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa mengajar adalah aktivitas kompleks yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa , sehingga terjadi proses belajar. Dengan demikian pengertian metode mengajar adalah suatu metode yang digunakan oleh guru untuk membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
          Dengan demikian jelaslah bahwa metode merupakan cara yang dianggap efisien yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan suatu mata pelajaran tertentu kepada siswa, agar tujuan yang dirumuskan sebelumnya dalam proses pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.. Makin tepat metode yang digunakan diharapkan makin efektif pencapaian tujuan dalam pembelajaran tersebut, sehingga dapat memperoleh hasil belajar sesuai yang diharapkan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!