Wednesday, May 09, 2012

Gelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi FAM Indonesia

  • FAM Indonesia Gelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi
By Aishiteru Menulis in FORUM AISHITERU MENULIS (FAM) INDONESIA · Edit Doc
PARE, KEDIRI – Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia menggelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi tingkat Nasional 2012 dengan melibatkan seluruh anggota FAM Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Lomba ini juga terbuka untuk umum dengan syarat peserta yang mengikuti lomba telah mendaftar sebagai anggota FAM Indonesia.

Menurut Sekjen FAM Indonesia, Aliya Nurlela, lomba cipta cerpen dan cipta puisi ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat menulis sekaligus memberikan apresiasi terbaik kepada penulis-penulis muda Indonesia berbakat.

“Sebagai wadah kepenulisan nasional yang berpusat di Pare, Jawa Timur, FAM ingin mencari bakat-bakat penulis baru Indonesia dan siap melakukan pembinaan,” ujar Aliya Nurlela yang juga pengarang muda dari Kota Malang.

Dia menjelaskan ketentuan/kriteria Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi, yaitu peserta adalah Warga Negara Indonesia, termasuk yang berdomisili di luar negeri, tidak dibatasi umur (Pelajar, Mahasiswa, Guru, Umum, dll). Peserta lomba harus terdaftar sebagai anggota FAM Indonesia dengan melakukan registrasi keanggotaan ke nomor Hp. 0812 5982 1511, atau add facebook “ALIYA NURLELA”.

“Naskah lomba harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan tidak sedang diikutsertakan pada lomba yang bersamaan. Cerpen dan Puisi bertema bebas, mengandung nilai-nilai moral dan memberi pencerahan kepada pembaca,” ujarnya.

Ketentuan teknis lainnya, sebut Aliya, naskah diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, panjang 2-4 halaman ketikan, jarak 1 ½ spasi. Peserta menuliskan biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai di lembar terakhir Cerpen dan Puisi. Cerpen dan Puisi yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul.

Naskah dikirim ke panitia via email: forumaishiterumenulis@yahoo.com (selambat-lambatnya 15 Agustus 2012). Subjek Email ditulis: LOMBA CIPTA CERPEN & PUISI FAM INDONESIA.

Ditambahkan, para pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 September 2012 di Blog FAM INDONESIA: http://famindonesia.blogspot.com, atau di grup facebook: “FORUMAISHITERUMENULIS (FAM) INDONESIA”. Dewan Juri terdiri dari para penulis senior di kepengurusan FAM Indonesia Pusat. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak dilakukan surat menyurat.

Para pemenang akan menerima hadiah berupa uang tunai Rp1.500.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku (juara 1), Uang tunai Rp1.000.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku (juara 2), dan Uang Tunai Rp750.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku. Sementara 7 cerpen dan puisi pilihan akan mendapat paket buku dari sejumlah seponsor. (FAM)

Berita selengkapnya klik: http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/24/fam-indonesia-gelar-lomba-cipta-cerpen-dan-cipta-puisi/

1 comment:

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!