Translate

Minggu, Maret 18, 2012

// // 1 comment

Tugas Tutorial: Pembelajaran PKn di SD Semester III

UNIVERSITAS TERBUKA 
Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Yogyakarta

TUGAS TUTORIAL I

Mata Kuliah                         : Pembelajaran PKn di SD
Program                               : S1 PGSD
Semester                               : 3 (tiga)
Pokjar                                   : Bedoyo 3
Masa Registrasi                   : 2011.2


 
A.    Soal
1.      Jelaskan hakikat, fungsi dan tujuan PKn di SD
2.      Buatlah contoh implikasi dan tuntutan isi Pkn terhadap wawasan demokrasi, sikap demokratis dan tanggung jawab serta perilaku demokratis!
3.      Mata pelajaran PKn mempunyai visi utama sebagai pendidikan demokratis yang bersifat sebagai pendidikan demokrasi yang bersifat multimensional. Jelaskan!
4.      Menurut Lickona, yang perlu dikembangkan dalam pendidikan nilai adalah niilai karakter yang baik (Good Character)
a.       Jelaskan apa yang dimaksud good character!
b.      Apa saja yang terkandung di dalamnya
5.      Jelaskan pengaruh teori perkembangan moral dari Peaget, Kohlberg dan LIckona terhadap pendidikan nilai bagi bangsa Indonesia!
6.      Jelaskan bagaimana keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan IPS!
7.      Sebutkan kekuatan dankelemahan implementasi konsep pembelajaran terpadu!

B.     Ketentuan menjawab
1.      Mahasiswa mengerjakan semua soal di atas secara perorangan
2.      Cara mengerjakan boleh dengan buku pandung tetapi tidak boleh kerjasama
3.      Nilai ditentukan oleh:
a.       Relevansi jawaban dengan soal
b.      Ketajaman argumentasi
c.       Kejelasan jawaban yang antara lain tercermin dari ilustrasi yang dibarikan.

--- Selamat Mengerjakan ! ----




KUNCI JAWABAN :
1.      Hakikat, fungsi dan tujuan PKn di SD
·         Hakikat
Mata pelajaran PKn di SD menurut standar isi 2006 merupakan perkembangan terbaru dari mata pelajaran yang sama dalam label yang bebeda sejak kurikulum 1968. Dalam kurikulum SD 1968 terdapat mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang did alamnya mencakup materi geografif dan sejarah Indonesia serta civics atau kewargaab negara. Dalam kurikulum SD 1975 dan kurikulum SD 1984 mata pelajaran PKn tersebut namanya berubah menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Menurut kurikulum dikdas 1994 mata pelajaran itu diberi label Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan (PPKn). 
·         Fungsi PKn adalah sebagai wahana kurikuler pengembangan karakter warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab
·         Tujuan PKn adalah untuk mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan dan berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi.
2.      Lingkup isi PKn : Keutuhan NKRI
Wawasan Demokratis : Keutuhan NKRI sebagai komitmen nasional seluruh komponen bangsa
Sikap Demokrasi dan Tanggung Jawab : Sikap saling menghormati antar unsur dalam kehidupan di Indonesia
Perilaku demokratis : menjaga keutuhan NKRI
3.      Pkn merupakan mata pelajaran dengan visi utama sebagai pendidikan demokratis yang bersifat multidimensional, maksudnya adalah ia merupakan pendidikan nilai demokratis, pendidikan moral, pendidikan sosial dan masalah pendidikan nilai dan pendidikan moral. Oleh karena itu secara singkat PKn dinilai sebagai mata pelajaran yang mengusung misi pendidikan nilai danmoral
4.      a) Yang dimaksud good character adalah nilai karakter yang baik
b) mengandung tiga dimensi nilai moral yaitu :
* Dimensi wawasan moral
                        a. Wawasan moral
                        b. Kesadaran moral 
* Dimensi perasaal moral
a.       Perasaan moral
b.      Kata hati
c.       Harapan diri sendiri
d.      Meraskan diri orang lain
e.       Cinta kebaikan
f.       Kontril diri
g.      Merasakan diri sendiri
* Dimensi perilaku moral
a.       Perilaku moral
b.      Kompetensi
c.       Kemauan
d.      Kebiasaan
5.      * Teori perkembangan moral dari Peaget dapat diadaptasikan dalam pendidikan nilai di Indonesia dalam konetsk demokrasi konstitusional dan konteks sosial-kultural masyarakat Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika termasuk dalam keyakinan agama
* Teori perkembangan moral dari Kohlberg secara konseptual dapat digunakan sebagai salah satu landasan bagi pengembangan paradigm penelitian perkembangan moral bagi oaring Indonesia
* Teori perkembangan moral dari Lickona dapat dipakai untuk mengklasifikasi nilai moral dalam pendidikan nilai di Indonesia dengan menambangkan ke dalam masing-masing dimensi itu aspek nilai yang berkenaan dengan konetsk keagamaan
6.      Mata pelajaran atau bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan sesuai dengan hakikat dan karakteristik memiliki keterkaitan dengan bidang studi lainnya, khsusunya dengan IPS. Pendidikan Kewarganegaraan menurut perkembangannya sampai dalam bentuk sekarang ini secara historis memiliki keterkaitan yang kuat dengan IPS.
7.      * Kekuatan implementasi konsep pembelajaran terpadu:
Pengalaman dan kegiatan belajar anak akan selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak
a.       Kegiatan yang dipilih dengan dan bertolak dari minat dan kebutuhan
b.      Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi anak sehingga hasil belajar akan dapay bertahan lebih lama
c.       Pembelajaran terpadu menumbuhkembangkan keterampilan berfikir anak
d.      Menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan anak
e.       Menumbuhkembangkan keterampilan sosial anak seperti kerjasama, toleransui, komunikasi dan respek terhadap gagasan orang lain.
* Kelemahan implementasi konsep pembelajaran terpadu umumnya guru lebih senang apa yang sudah sering dikerjakan dalam proses belajar mengajarnya dengan lain perkataan agak sulit menerima pembaharuan dan perubahan.

1 komentar:

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!

Loading...