Saturday, February 11, 2012

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN I PETIRSARI TAHUN PELAJARAN 2009/2010


ABSTRAK


Sepan, S.Pd. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas V Semester II SDN  I Petirsari Tahun Pelajaran 2009/2010.  Penelitian Tindakan Kelas.  SD Negeri 1 Petirsari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada rumusan masalah: Bagaimanakah  cara menerapkan  Pendekatan Pembelajaran  Kontekstual agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok operasi hitung pecahan di SDN 1 Petirsari Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Petirsari  tahun pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Petirsari  UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, bulan Januari sampai dengan Maret 2010.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Petirsari  yang berjumlah 20 siswa dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.  Instrumen untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, lembar pengamatan guru dalam proses pembelajaran, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal rata-rata 51 menjadi 75 pada siklus II (kondisi akhir).  Di samping itu jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 7 siswa pada kondisi awal 20 siswa pada kondisi akhir                                                                                                                                        
Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas V Semester II SD Negeri I Petirsari Tahun Pelajaran 2009/2010  Untuk itu guru diharapkan selalu menggunakan alat peraga yang tepat dalam pembelajaran untuk mengurangi verbalisme dan meningkatkan hasil belajar siswa

Untuk full text bisa hubungi Om Dompet

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan memberi komentar yang positif dan membangun. Terima kasih!